Bisnis

Cara Mengeringkan Cat Sablon Plastisol Yang Baik dan Benar!

Mengeringkan Cat Sablon Plastisol – . Standar untuk mengeringkan penggunaan tinta sablon plastisol tentu saja dengan menggunakan mesin heatpress untuk mendapatkan hasil maksimal. Tetapi banyak dari kita tidak memiliki ini. Karena berbagai faktor seperti daya yang tidak mencukupi di rumah kita dan kurangnya dana untuk membeli heatpress karena harga pasarannya cukup mahal, kita dapat mengeringkan tinta sablon plastisol dengan menggunakan hot gun sebagai penggantinya. Dengan catatan pengeringan harus merata dan tentunya harus benar-benar matang.

Setelah mengeringkan permukaan luar dengan hotgun, Selanjutnya finishing menggunakan mesin hetpress atur suhu dari 170 ° C hingga 180 ° C dan menggunakan kain Teflon atau plastik astralon untuk menutupi hasil sablon.

Cara Mengeringkan Cat Sablon Plastisol yang benar. Pada dasarnya, ada dua jenis tinta sablon: tinta basis air dan tinta basis minyak atau plastisol. Agar hasil sablon tahan lama, sangat penting untuk mengetahui jenis tinta apa yang digunakan karena secara teknis penanganannya sangat berbeda.

Sebelum membahas sablon plastisol dan cara Mengeringkan Cat Sablon Plastisol pada artikel sebelumnya membahas tentang jenis sablon kaos terbaik cocok untuk sablon kaos dan sablon hoodie, tentunya untuk mendapatkan hasil terbaik membutuhkan penanganan khusus selama pengeringan dan finishingnya, mari kita simak perbedaan antara sablon rubber dan sablon plastisol agar tinta plastisol atau rubber tidak retak atau ambrol saat dicuci.

Sablon tinta basis air (waterbased) termasuk sablon yang mempunyai karakter lembut seperti karet dan menempel baik pada kain. Perbedaan antara penggunaan tinta sablon rubber dan plastisol terletak pada hasil sablon. Hasil sablon tinta rubber umumnya keras, melekat pada permukaan baju, permukaannya tidak lengket, dan warnanya cenderung mengkilap daripada tinta berbasis minyak atau plastisol.

Dan hasil dari sablon tinta berbasis minyak atau plastisol, permukaannya bisa di finishing menjadi doff atau mengkilap dan tentunya lebih elastis tidak kaku. Perbedaan lainnya adalah proses pengeringan sablon. Untuk tinta rubber Anda dapat menggunakan kipas angin atau pengering rambut hanya dengan panas suhu rendah atau angin. Namun, jika Anda menggunakan tinta berminyak atau plastisol, pengeringan sebaiknya gunakan pengering khusus atau hot gun yang bisa mencapai 160 derajat celcius.

Bagaimana dengan hasil sablon Plastisol?

  • Jenis sablon plastisol ini memberikan tekstur yang hidup dan hasil sablon warna cerah yang bersinar.
  • Dengan sablon seperti plastisol dan perawatan yang tepat, sablon ini tahan lama dan serta tidak mudah retak. Tidak disarankan untuk menyetrika ke permukaan desain yang sablon. Dan balikan kaos erlebu dahulu apabila kaos akan disetrika.
  • Penggunaan sablon berbasis plastisol adalah metode sablon sesuai standar penjual pakaian luar negeri.
  • Metode sablon gaya Plastisol hanya digunakan oleh perusahaan tertentu dan lebih eksklusif.

Pengeringan sablon plastisol yang benar dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini.

Bisakah tinta plastisol dikeringkan dan matang menggunakan hot gun?

Jawabannya bisa. Apabila pengeringan tinta sablon tidak merata agak berbahaya karena menyebabkan tinta plastisol retak dan luntur. Anda perlu mengeringkan plastisol menggunakan hot gun menggunakan panas level 2 dan lakukan secara merata sampai tinta benar-benar matang. Ini juga merekomendasikan listrik minimum untuk rumah. Ini adalah 2200 watt.

Secara default, plastisol sangat tebal dan lengket, jadi Anda perlu menambahkan pengencer tinta.

Bagaimana cara mengeringkan dan mematangkan sablon plastisol yang benar?

Dengan pengalaman dan pengetahuan ahli, sablon plastisol dapat matang dan dikeringkan sementara menggunakan hot gun. Di mana sablon plastiol dimaksimalkan? Berapa suhu dan waktu untuk mengeringkan dan mematangkan sablon plastisol?

Suhu pengeringan maksimal adalah 170-180 derajat dan dipress dalam waktu kurang dari 15-20 detik untuk pengeringan maksimal. Tinta dari berbagai merek plastisol sangat bervariasi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Pertama-tama Anda perlu trial atau test sehingga mengetahui karakter dan waktu pengeringan yang dibutuhkan, setiap tinta mempunyai karakter dan waktu pengeringan yang berbeda, ini disebabkan komposisi atau kandungan tinta sablon setiap produk berbeda-beda.

Berapakah suhu dan waktu proses heatpress hasil sablon?

Suhu panas adalah 170-180 derajat, waktu 20 detik.

Bagaimana cara membuat plastisol doff dan glossy?

Jika Anda ingin hasil dan tekstur efek doff , lapisi kertas hvs, tekan selama 20 detik untuk mendapatakan hasil doff, kertas hvs hanya boleh digunakan sekali, dan metode untuk menghasilkan teksture plastisol mengkilap gunakan plastik Astralon. press hasil sablon selama 25 detik.

Banyak tips, trik dan tentunya akan sangat berguna untuk para sabloners pemula. Nantikan artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button