Bisnis

Perlengkapan sablon manual, Alat Pendukung Untuk Sablon Plastisol Cek apa saja!

Perlengkapan sablon manual – . Setelah sebelumnya Lonpost membahas tentang Alat Sablon Manual, kali ini kita akan membahas perlengkapan alat sablon manual yakni alat-alat yang bisa menunjang jalannya proses cetak sablon selain yang di bahas pada artikel sebelumnya. Pembahasan pada perlegkapan alat sablon manual kali ini akan fokus ke sablon kaos. Simak ulasan nya.

Perlengkapan Sablon manual

Sablon merupakan serangakaian proses pemindahan gambar atau design kepada suatu objek, adapun proses tersebut memerlukan beberapa alat yang bisa menunjang jalannya proses tersebut.

  • Semprotan Burung

Berfungsi untuk menyemprot dan meghilangkan objek yang tidak diperlukan saat proses afdruk.

  • Lem meja

Perlengkapan sablon manual yang sangat di perlukan saat mencetak yaitu lem meja. Agar objek yang kita sablon tidak bergerak dan presisi saat proses cetak, oleskan lem meja pada tatakan meja sablon sebelum proses cetak.

  • Cairan atau minyak m3

Salah satu perlengkapan sablon manual lainnya yaitu minyak m3, minyak m3 berfungsi untuk menghilangkan noda cat pada screen. Setelah proses cetak screen di lebur dan di bersihkan agar siap di gunakan kembali, Terkadang masih ada sisa noda cat yang membekas. Nah kalian bisa membersihkan noda tersebut dengan minyak m3. Minyak m3 juga bisa menghilangkan noda tipis pada kain.

  • Kaporit dan soda api

Kaporit dan soda api merupakan perlengkapan sablon manual yang wajib ada. Setelah screen yang sudah di pakai, bisa di pakai kembali setelah screen di lebur dan di bersihkan. Peleburan gambar pada screen dilakukan dengan menggunakan kaporit dan soda api. Atau kalian bisa mengganti kaporit dengan cairan pemutih pakaian. Hindari penggunaan langsung dan bersentuhan dengan kulit.

  • Spatula

Spatula berfungsi untuk mengaduk cat. karena karakter cat plastisol kental, kalian perlu spatula yang terbuat dari besi untuk mengaduk cat. Baik untuk mengencerkan cat atau mengentalkan cat. Biasanya spatula mempunyai gagang kayu dan besi setebal 1 mm.

  • Solasi atau Lakban

Berikut nya untuk perlengkapan sablon manual lainnya yaitu solasi atau lakban, lakban di gunakan untuk melapisi pinggiran screen agar cat tidak meresap atau rembes ke pakaian. Lakban juga bisa di gunakan untuk menambal afdrukan yang bocor.

  • Coater

Coater berfungsi untuk mengoles obat afdruk ke screen. Jika kalian belum mempunyai coater, kalian bisa mencari alternatif dengan menggunakan penggaris besi panjang 30cm.

  • Lain-lain

Sebetulnya masih banyak perlengkapan sablon manual yang belum di sebutkan, kebutuhan alat tergantung dari jenis meja dan objek yang akan di cetak. Seperti obeng, skrup, mur atau kunci pas 10 dan masih banyak lagi.

Nah itulah beberapa perlengkapan sablon manual yang biasa di butuhkan untuk proses sablon, Jika kalian ada pertanyaan terkait untuk sablon manual, kalian bisa DM di instagram kami thecrashstudioprinting_smi, mohon maaf apabila yang di sampaikan di atas ada kekurangan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button