Bisnis

Alat Sablon Manual Yang Wajib di Miliki Sablon Pemula

Alat sablon manual – . Sebelum Anda menjalankan usaha sablon, sangat wajib Anda mengetahui serta memiliki alat sablon apa saja yang Anda perlukan. Pada artikel ini Lonpost akan membahas alat sablon manual apa saja yang harus anda miliki untuk menjalankan usaha sablon, untuk para pemula silahkan simak ulasan di bawah ini.

 

https://www.instagram.com/p/CHkiM2ZhVah/
https://www.instagram.com/p/CHkiM2ZhVah/

Alat Sablon Manual

1 Screen

Screen merupakan alat yang terbuat bingkai dari kayu atau alumunium dan serat kain halus (monil), alat ini berfungsi sebagai media transfer cat sablon ke objek tertentu, bisa kaos, kertas ataupun plastik. Screen sangat bermacam-macam jenis nya, ada screen t14, t55, t77 dan t120. Pemakaian screen tergantung jenis kebutuhannya, misalnya untuk sablon plastik, kertas atau design realist memakai screen t120.

2 Rakel

Rakel adalah alat utama yang digunakan untuk mentransfer tinta dari permukaan sablon ke permukaan kertas, plastik dan kaos. Alat ini memberikan tekanan pada permukaan layar agar tinta menempel sempurna dan tidak ada lubang.

Rakel biasanya terdiri dari dua bahan. Bagian atas terbuat dari kayu dan bagian bawah terbuat dari plastik tebal dan fleksibel. Anda dapat menggunakan bagian bawah untuk menekan keras pada tinta atau mendorongnya maju mundur. Saat melakukan proses pencetakan, tidak terlalu kuat atau terlalu ringan untuk mencapai hasil yang sempurna.

3 Obat Afdruk

Sebelum proses sablon Anda tentunya harus membuat pola gambar pada screen, untuk membuat pola tersebut anda membutuhkan obat afdruk. Obat afdruk terdiri dari emulsi dan sensitizer. Biasanya pencampuran obat afdruk 1:10, emulsi 1 kg sensitizer yang di butuhkan hanya 100 gram. Adapun nama-nama obat afdruk seperti bremol, super x, TX 88 dll, kisaran obat afdruk dari 55ribu-85ribu.

4 Tinta Sablon

Alat sablon manual selanjutnya adalah tinta sablon, tinta sablon untuk sablon manual sangat banyak jenis nya. Tentu kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, objek apa yang akan kalian cetak. Misal untuk sablon kaos, ada tinta sablon yang berbasis air yang biasa di sebut rubber dan ada tinta sablon yan berbasis minyak yang biasa di sebut plastisol. Seiring berkembangnya zaman, saat ini kebutuhan industri pakaian khususnya clothing sangat banyak menggunakan tinta sablon plastissol.

5 Meja Afdruk

Setelah alat sablon manual yang di atas, selanjutnya yang kalian butuhkan untuk mencetak atau sablon yaitu meja afdruk. Meja afdruk berfungsi untuk mentransfer gambar atau design pada kertas atau film ke screen. Dengan melalui serangkaian proses tertentu.

6 Meja Sablon

Tanpa alat sablon manual satu ini, proses sablon tidak akan belajar lancar. Yaitu Meja sablon, meja sablon berfungsi sebagai media tatakan baik kertas, plastik atau kaos. Ukuran meja sablon meyesuaikan dengan objek yang akan di sablon. misalnya saja kaos, meja sablon untuk kaos biasanya mempunyai ukuran 45 x 65. Meja sablon sangat banyak jenisnya, ada meja sablon catok. meja sablon portable atau biasa di sebut papan banting, meja sablon ampar, meja sablon rotary, meja sablon thailand, dan masih banyak lagi. Umumnya meja sablon menyesuaikan dengan kapasitas tempat dan budget. Untuk para pemula, meja sablon portable atau papan banting bisa jadi rekomendasi. Disamping bahan baku yang murah, kalian juga bisa membuatnya sendiri.

7. Pengering Sablon

Alat sablon manual berikutnya yaitu pengering. Baik untuk penggunaan tinta berbasis minyak atau berbasis air untuk mengefisiensikan waktu kalian butuh pengering. efisiensi waktu saat mencetak dengan kuantiti banyak alat ini tentu nya sangat berguna. Apalagi ketika kalian menggunakan tinta berbasis minyak atau plastisol, kalian perlu mengeringkan tinta dengan suhu panas 160-180 derajat.

8. Heat Press

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna setelah proses sablon khusus pada T-shirt , Anda perlu menyempurnakan hasil sablon tersebut. Dengan kata lain, jika proses akhir dilakukan dengan menggunakan hot press, sensasi sentuhan sablon dapat disesuaikan dengan hasil doff atau glossy. Hotpress juga berguna untuk menyempurnakan tingkat kematangan tinta sablon.

 

9. Film Sablon

Sederhananya proses sablon merupakan pemindahan gambar atau design kepada suatu objek, baik kertas, plastik atau kaos melalui serangkaian proses. Salah satu proses tersebut yaitu menyiapkan  gambar atau design. Sebelum kalian melakukan proses cetak, kalian harus terlebih dahulu menyiapkan design yang sudah melalui pemisahan warna dan di print. Dan untuk proses selanjutnya yaitu proses afdruk.

 

Nah itulah beberapa alat sablon manual yang wajib para pemula tahu, adapun untuk alat penunjang sablon lainnya masih sangat banyak. InsyaAllah kita akan bahas di artikel selanjutnya. Terima kasih semoga bermanfaat.

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button